title: PENGARUH PEMAHAMAN KONSEP BHINNEKA TUNGGAL IKA TERHADAP HUBUNGAN SOSIAL SISWA BERBEDA SUKU DI SMP NEGERI 21 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 creator: EVI YUNITA SARI , 1213032028 subject: L Education (General) = Pendidikan description: ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimanakah pengaruh pemahaman konsep Bhinneka Tunggal Ika terhadap hubungan sosial siswa berbeda suku di SMP Negeri 21 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini siswa kelas VIII di SMP Negeri 21 Bandar Lampung berjumlah 302 siswa dengan sampel 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan kemudian data dianalisis menggunakan rumus Chi Kuadrat. Berdasarkan hasil penelitian, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat dan signifikan antara pemahaman konsep Bhinneka Tunggal Ika terhadap hubungan sosial siswa berbeda suku. Artinya, semakin siswa memahami konsep Bhinneka Tunggal Ika maka semakin baik pula hubungan sosial siswa yang berbeda suku sehingga akan terjalin hubungan sosial siswa yang rukun dan harmonis. Kata kunci: bhinneka tunggal ika, hubungan sosial, suku. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2016-06-15 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/22665/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/22665/20/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/22665/19/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: EVI YUNITA SARI , 1213032028 (2016) PENGARUH PEMAHAMAN KONSEP BHINNEKA TUNGGAL IKA TERHADAP HUBUNGAN SOSIAL SISWA BERBEDA SUKU DI SMP NEGERI 21 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/22665/