%0 Generic %A MARYAMAH , 1213031054 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:22673 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN INQUIRY LEARNING PADA SISWA KELAS X IPS MA NEGERI 1 LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 %U http://digilib.unila.ac.id/22673/ %X ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi, serta untuk mengetahui perbandingan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, berjumlah 159 siswa dengan sampel 77 siswa, yang ditentukan dengan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan tes. Pengujian hipotesis menggunakan t-test dua sampel independen dan n-gain efektivitas. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil bahwa (1) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar ekonomi yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Learning, (2) ada perbedaan efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning sebesar 0,811 dan model pembelajaran Inquiry Learning sebesar 0,708, yang artinya penggunaan model pembelajaran Problem Based Learing lebih efektif dibandingkan model pembelajaran Inquiry Learning. Kata kunci: Hasil Belajar Ekonomi, Problem Based Learning, Inquiry Learning