%0 Generic %A YESI PUSPITASARI , 1213031096 %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2016 %F eprints:22692 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATA PELAJARAN EKONOMI ANTARA SISWA YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCAFFOLDING DAN TIPE PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTION) DENGAN MEMPERHATIKAN GAYA BELAJAR (VISUAL DAN AUDITORIAL) SISWA KELAS X SEMESTER GENAP SMA N 1 TANJUNGBINTANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 %U http://digilib.unila.ac.id/22692/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa serta mengkaji tentang perbandingan kemampuan berpikir kritis siswa yang pembelajarannya menggunakan model scaffolding dan problem based instruction dengan memperhatikan gaya belajar siswa kelas X IPS SMA N 1 Tanjungbintang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pebedaaan kemampuan berpikir kritis siswa dengan model scaffolding dan problem based instruction dengan memperhatikan gaya belajar (visual dan auditorial) siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian ini 133 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 63 siswa. Teknik penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik pengambilan data dengan tes. Pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test dua sampel independen dan analisis varian dua jalan. Hasil analisis data menunjukkan (1) Ada perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scaffolding dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe PBI (Problem Based Instruction), (2) Ada perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang memiliki gaya belajar visual dan siswa yang memiliki gaya belajar auditorial, (3) Terjadi interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Ekonomi, (4) Kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki gaya belajar visual lebih tinggi dibandingkan yang memiliki gaya belajar auditorial pada siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe scaffolding pada mata pelajaran Ekonomi, (5) Kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki gaya belajar visual lebih rendah dibandingkan yang memiliki gaya belajar auditorial pada siswa yang pembelajarnya menggunakan model kooperatif tipe PBI (Problem Based Instruction) pada mata pelajaran Ekonomi, (6) Kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scaffolding lebih tinggi dibandingkan PBI (Problem Based Instruction) pada siswa yang memiliki gaya belajar visual pada mata pelajaran Ekonomi, (7) Kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scaffolding lebih rendah daripada PBI (Problem Based Instruction) pada siswa yang memiliki gaya belajar auditorial pada mata pelajaran Ekonomi. Kata kunci: berpikir kritis, gaya belajar, problem based instruction, scaffolding