%A 1213023024 EMANUELLA AYU PRATISA %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN POE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LANCAR PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT %X ABSTRAK Kegiatan pembelajaran kimia di sekolah masih menggunakan metode konvensional, yang lebih didominasi dengan ceramah, tanya-jawab serta diskusi. Salah satu materi kimia kelas X, yaitu materi larutan elektrolit dan non-elektrolit termasuk materi yang sukar dipelajari oleh siswa. Pembelajaran dengan metode konvensional pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit tidaklah cocok karena metode konvensional hanya menyuguhkan prinsip-prinsip dan teori-teori saja tanpa pernah melibatkan siswa untuk merasakan proses mencapai suatu pengetahuan baru. Oleh karena itu dilakukanlah penelitian efektivitas model pembelajaran POE untuk meningkatkan kemampuan bepikir lancar siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran POE dalam meningkatkan kemampuan berpikir lancar siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalence Pretest-Postest Control Group Design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata n-Gain kemampuan berpikir lancar pada kelas iii kontrol sebesar 0,36 dan eksperimen sebersar 0,72. Keeefektifan juga didukung oleh uji kepraktisan dan keefektifan model POE yang ditunjukkan dengan kriteria sangat tinggi. Kata kunci : keefektivan, kemampuan berpikir lancar, model pembelajaran POE %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints22693