%0 Generic %A Ayu Septiana, 1213022008 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:22705 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGEMBANGAN E-LEARNING DENGAN SCHOOLOGY SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI SUHU DAN KALOR %U http://digilib.unila.ac.id/22705/ %X Telah dilaksanakan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan E-Learning dengan Schoology pada materi Suhu dan Kalor, serta mendeskripsikan kemenarikan, kemudahan, kemanfaatan, dan keefektifan E-Learning dengan Schoology pada materi Suhu dan Kalor. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang diadaptasi dari model pengembangan media instruksional Suyanto dan Sartinem (2009). Prosedur pengembangan modul ini meliputi analisis kebutuhan, identifikasi sumberdaya, identifikasi spesifikasi produk, pengembangan produk, uji internal: uji kelayakan produk dari segi isi atau materi dan desain produk, uji eksternal: uji kemanfaatan produk oleh pengguna dan tahap terakhir, produksi. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 di kelas X 1 MIA SMA N 1 Purbolinggo, maka diperoleh hasil bahwa E-Learning yang dikembangkan menarik, mudah, bermanfaat, dan efektif digunakan sebagai suplemen pembelajaran Fisika, yang ditandai dengan 97% siswa tuntas KKM. Kata Kunci: E-Learning, Pengembangan Schoology, Suhu dan Kalor