%0 Generic %A DAMANTA MANTHOVANI, 1213022009 %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2016 %F eprints:22706 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI DENGAN DISCOVERY PADA MATERI OPTIK %U http://digilib.unila.ac.id/22706/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan hasil belajar yang lebih tinggi antara pembelajaran yang menggunakan model discovery dengan inkuiri pada materi optik. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 5 Bandar Lampung semester genap tahun ajaran 2015/2016 dengan siswa kelas VIII A dan VIII B sebagai sampel penelitian. Desain penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Design dengan tipe One Group Pre test-Post test Design. Analisis data menggunakan uji Independent Sample t-Test. Berdasarkan hasil pembahasan diketahui terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif antara yang menggunakan model discovery dan model inkuiri. Pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran discovery memiliki nilai rata-rata kognitif dan afektif lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran inkuiri sebesar 71,92 dan 72,83 tetapi kedua kelas tersebut ternyata memiliki rata-rata hasil belajar yang sama pada ranah psikomotor dengan nilai Sig. sebesar 0,343. Kata kunci: discovery, inkuiri, hasil belajar, kognitif, afektif, psikomotor.