TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints22714 UR - http://digilib.unila.ac.id/22714/ A1 - MELIZA NOPIA , 1213021040 Y1 - 2016/06/15/ N2 - ABSTRAK Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan disposisi representasi matematis siswa pada pembelajaran dengan model kooperatif tipe think pair share. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-H SMPN 20 Bandarlampung tahun pelajaran 2015/2016. Data kualitatif pada penelitian ini mengenai disposisi representasi matematis siswa yang diperoleh melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model kooperatif tipe think pair share ternyata dapat me- munculkan indikator disposisi representasi matematis siswa yang memiliki ke- mampuan rendah, sedang, dan tinggi. Disposisi representasi matematis siswa yang paling banyak muncul adalah kepercayaan diri dalam berpikir, sedangkan indikator disposisi representasi matematis yang paling sedikit muncul adalah analitis. Kata kunci : disposisi representasi matematis, kualitatif, think pair share PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - DESKRIPSI DISPOSISI REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE AV - restricted ER -