@misc{eprints22729, month = {Juni}, title = {KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 WAY JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016}, author = { 1213041066 POPPY AYU MARISCA}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/22729/}, abstract = {ABSTRAK Kesalahan penggunaan ejaan merupakan kesalahan yang sering terjadi pada suatu tulisan. Kesalahan penggunaan ejaan yang dimaksud sebagaimana terdapat pada tulisan teks tanggapan deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Way Jepara. Kemampuan menulis teks tanggapan deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Way Jepara tahun 2015/2016 merupakan masalah dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks tanggapan deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri Way Jepara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Way Jepra tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tertulis dan dokumentasi. Data hasil tes dianalisis dan dinilai berdasarkan 2 penilai yaitu peneliti, dan rekan satu prodi berdasarkan indikator penilaian tes menuis teks tanggapan deskripsi yaitu ide gagasan yang dikemukakan, organisasi isi, tata bahasa, pilihan kata atau diksi, dan penggunaan ejaan. Hasil penelitian meunjukan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks tanggapan deskripsi berdasarkan keseluruhan aspek penilaian berada pada kategori baik dengan persentase 77,79\%. Adapun kemampaun siswa yang mencapai indikator baik sekali yaitu pada indikator isi gagasan yang dikemukakan yang mencapai persentase 86,03 dan organisasi isi dengan persentase 83,17\%. Kemampuan siswa pada kategori baik yaitu pada indikator penilaian tata bahasa yang mencapai persentase 78,75\% dan pemilihan kata atau diksi yaitu 72,24\%. Kemampuan siswa pada kategori cukup yaitu pada indikator penilaian penggunaan ejaan mencapai 69,13\%. i Skor rata-rata ini menunjukkan bahwa kemampuan tertinggi yang dicapai siswa kelas VII SMP Negeri 1 Way Jepara dalam menulis teks tanggapan deskripsi terdapat pada aspek organisasi isi dengan persentase nilai 83,96\%, sedangkan kemampuan terendah yang dicapai siswa terdapat pada aspek penggunaan ejaan dengan persentase nilai 69,13\%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan siswa dalam menulis teks tanggapan deskripsi termasuk kedalam kategori baik. Kata kunci: kemampuan, menulis, tanggapan deskripsi.} }