%A 1213053078 NI KOMANG RITDIA NINGSIH %T PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VB SD NEGERI 2 METRO SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016 %X Masalah dalam penelitian adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas VB SD Negeri 2 Metro Selatan melalui penerapan model cooperative learning tipe picture and picture. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dua siklus dengan tahap-tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan observasi dan tes menggunakan lembar observasi dan soal tes tertulis, yang kemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model cooperative learning tipe picture and picture dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS. Pada siklus I nilai rata-rata aktivitas kategori ?Baik?, sedangkan pada siklus II kategori ?Baik?. Persentase aktivitas siswa pada siklus I kategori ?Aktif?, pada siklus II kategori ?Sangat aktif?. Nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I kategori ?Tinggi?, sedangkan pada siklus II kategori ?Tinggi?. Persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I kategori ?Tinggi?, pada siklus II kategori ?Sangat tinggi?. Kata kunci: model cooperative learning tipe picture and picture, aktivitas, hasil belajar. %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2016 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints22742