TY - THES ID - eprints22743 UR - http://digilib.unila.ac.id/22743/ A1 - OVA ANDRAHAN , (1423031048) Y1 - 2016/05/24/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktifitas belajar siswa pada mata pelajaran Geografi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS, sampel diambil 2 kelas yaitu XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan t-test dua sampel independen dan analisis varians dua jalan. Hasil penelitian: (1) aktivitas belajar Geografi siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran Inkuiri lebih tinggi daripada aktivitas belajar Geografi siswa pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran Konvensional (2) hasil belajar Geografi siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran Inkuiri lebih tinggi daripada hasil belajar Geografi siswa pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran Konvensional (3) terdapat pengaruh pembelajaran inkuiri terhadap peningkatan aktivitas belajar Geografi. Dengan diterapkannya pembelajaran inkuiri dalam proses pembelajaran di kelas, maka siswa menjadi lebih aktif sehingga aktivitas belajar Geografi siswa menjadi meningkat (4) dengan diterapkannya pembelajaran inkuiri dalam proses pembelajaran di kelas, maka siswa lebih aktif sehingga siswa lebih memahami materi pembelajaran dan siswa dapat menemukan sendiri jawaban atas permasalahan yang diberikan oleh guru sehingga hasil belajar Geografi siswa menjadi meningkat. Kata kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar dan Model Pembelajaran Inkuiri abstract The problems in this research is low activity of student learning in Geography lesson. The purpose of this study to determine the effect of inquiry learning model to enhance the activity and student learning outcomes. The method used was experimental research. The population in this study were students of class XI IPS, samples were taken two classes of XI IPS 1 as an experimental class and class XI IPS 2 as a control. Data analysis using t-test two independent samples and analysis of variance of two roads. The results: (1) Geography students learning activities in the classroom experimental using inquiry learning is higher than the activity of Geography students learn the control class that uses the conventional learning (2) Geography student learning outcomes in the experimental class using inquiry learning is higher than on learning outcomes for Geography students in control class that uses the conventional learning (3) there are significant inquiry learning to learn Geography increased activity. With the implementation of inquiry learning in the learning process in the classroom, the students become more active and thus the activity of Geography students learn to be increased (4) with the implementation of inquiry learning in the learning process in the classroom, then students are more active so that students better understand the lessons and students can find their own answers to the problems that the teacher so that the students learn Geography be increased. Keyword: Learning Activities, Learning Outcomes and Model of Learning to Inquiry PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN M1 - masters TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI TAHUN PELAJARAN 2015/2016 AV - restricted ER -