%0 Generic %A Nindya Indah Pertiwi, 1213023047 %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2016 %F eprints:22750 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %N 3 %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN POE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LANCAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA %U http://digilib.unila.ac.id/22750/ %V 4 %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran POE dalam meningkatan kemampuan berpikir lancar siswa pada materi larutan penyangga. POE terdiri dari 3 langkah yaitu predict, observe dan explain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 15 Bandar Lampung yang berjumlah 110 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan kuasi eksperimen dengan Nonequivalent (pretest-posttest) control group design, yakni satu kelompok subjek diberi perlakuan tertentu (eksperimen), sementara satu kelompok lain dijadikan sebagai kelompok kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran POE sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Efektivitas model pembelajaran POE diukur berdasarkan perbedaan n-Gain antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik analisis data hasil belajar dalam penelitian ini adalah menggunakan nilai n-gain dan pengujian hipotesis menggunakan independent sample t test. Rata-rata nilai n-Gain pada Nindya Indah Pertiwi iii kelas eksperimen sebesar 0,62 dan kelas kontrol sebesar 0,29. Kategori rata-rata nilai n-Gain pada kelas eksperimen dan kontrol adalah sedang dan rendah. Berdasarkan deskripsi tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran POE efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir lancar siswa pada materi larutan penyangga. Kata kunci: keterampilan berpikir lancar, larutan penyanga , POE