%A 1213054072 RENIA PATMAWATI %T HUBUNGAN BERMAIN PUZZLE DENGAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN SUKARAME BANDAR LAMPUNG %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan mengenal bentuk geometri pasa anak usia 3-4 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bermain puzzle dengan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 3-4 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian assosiatif. Penelitian ini dilaksanakan di TK Dharma Wanita Persatuan Sukarame Bandar Lampung. Waktu dalam penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 02 April 2016 sampai dengan 05 April 2016. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi berupa rubrik penilaian. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil uji regresi linier menunjukkan bahwa ada hubungan bermain puzzle dengan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 3-4 tahun. Kata kunci: anak usia dini, bentuk geometri, bermain puzzle. THE CORRELATION OF PLAYING PUZZLE AGAINST THE ABILITY FOR KNOWING THE FORM GEOMETRY IN THE CHILDREN AROUND 3-4 YEARS OLD AT TK DHARMA WANITA SUKARAME BANDAR LAMPUNG The problem of this research is that the ability of knowing the form of geometry in the children around 3-4 years old. The purpose of this research to knowing the correlation of playing puzzle with the ability of knowing the form of geometry in the children around 3-4 years old. The method used such kind of assosciative research. This research started on April 02, 2016 until April 05, 2016. Total of correspondant of this research are 20 children. The data collection used by the writter is observation technique and the instrument used is observation form containing scoring rubric. The data analyzing technique showing if there is correlation of playing puzzle with the ability of knowing the form of geometry in the children around 3-4 years old. Key words: early childhood, playing puzzle, the form of geometry. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints22752