TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints228 UR - http://digilib.unila.ac.id/228/ A1 - Abdul, Andri Y1 - 2013/12/23/ N2 - Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keterampilan prediksi dan merumuskan hipotesis pada materi asam basa. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan One Group Pretest Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 SMA Muhammadiyah 2 Bandarlampung yang berjumlah 29 siswa. Data penelitian ini adalah data keterampilan prediksi dan keterampilan merumuskan hipotesis, analisis data menggunakan n-Gain. Hasil penelitian menunjukkan rerata nilai n-Gain keterampilan prediksi dan keterampilan merumuskan hipotesis yaitu 0,49 dan 0,56. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan prediksi dan merumuskan hipotesis pada siswa kelas XI IPA1 SMA Muhammadiyah 2 Bandarlampung dalam kategori sedang. Kata kunci: keterampilan prediksi, merumuskan hipotesis, Pembelajaran inkuiri terbimbing PB - Fakultas KIP TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PREDIKSI DAN KETERAMPILAN MERUMUSKAN HIPOTESIS AV - restricted ER -