@misc{eprints22872, month = {Juni}, title = {PENGARUH SERVICESCAPE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi pada Konsumen diruang Rawat Inap Kelas II RS. Urip Sumoharjo di Bandar Lampung)}, author = {1111011117 REDY FAUZAN ADHIMA }, address = {FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS}, publisher = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/22872/}, abstract = {Saat ini perkembangan bisnis di kota Bandar Lampung sudah semakin tinggi. Rumah sakit merupakan sektor bisnis yang berpartisipasi dalam pelayanan kesehatan, pelayanan kesehatan dianggap hak dari warga negara yang harus dipenuhi oleh pemerintah. Upaya pemerintah dalam memenuhi pelayanan bagi masyarakat tersebut tidak selalu sesuai dengan harapan masyarakat, misalnya pelayanan yang tidak optimal, perbedaan penanganan dalam memberikan pelayanan pada golongan atas dan golongan bawah. Rumah sakit sebagai pelayanan jasa yang disediakan pemerintah tidak hanya mengedepankan aspek pengobatan saja, namun juga masyarakat berhak mendapatkan nilai lebih dari pelayanan itu sendiri seperti Servicescape yang dimiliki rumah sakit tersebut. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah variabel Servicescape berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen pada RS. Urip Sumoharjo di Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh variabel Servicescape terhadap Kepuasan Konsumen pada RS. Urip Sumoharjo di Bandar Lampung. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Non-Probability Sampling dengan teknik Purposive Sampling dengan kriteria keluarga pasien dan pengunjung ruang rawat inap yang menggunakan dan menikmati layanan ruangan kelas II di RS. Urip Sumoharjo, serta bersedia menjadi responden. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Variabel independent dalam penelitian ini adalah servicescape yang terdiri dari ambient conditions, spatial layout and functionality, signs, symbols, and artifacts. Variabel dependent dalam penelitian ini adalah kepuasan konsumen. Analisis data menggunakan Analisis Regresi Linear Sederhana dengan perangkat SPSS, uji validitas melalui penggunaan analisis faktor, uji reliabilitas dengan nilai cronbach alpha dan if item delete. Redy Fauzan Adhima Hasil analisis menunjukkan bahwa Servicescape (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel Kepuasan Konsumen (Y) dengan nilai signifikan sebesar 0,000. Besarnya peran servicescape pada kepuasan konsumen sebesar 44,4\% sisanya 55,6\% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: Servicescape, Kepuasan Konsumen.} }