?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PERBANDINGAN+MODEL+PEMBELAJARAN+SIMAYANG+TIPE+II+DENGAN+DISCOVERY+LEARNING+DALAM+MENINGKATKAN+KEMAMPUAN+METAKOGNISI+DAN+PENGUASAAN+%0D%0AKONSEP+LARUTAN+ELEKTROLIT+%0D%0ADAN+NON-ELEKTROLIT%0D%0A&rft.creator=TUGIYAH%2C+(1213023073)&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mendeskripsikan+perbandingan+model+pembelajaran+SiMaYang+tipe+II+dengan+discovery+learning+dalam+meningkatkan+kemampuan+me%C2%ACtakognisi+dan+penguasaan+konsep+siswa+pada+materi+larutan+elektrolit+dan+non-elektrolit.++Populasi+dalam+penelitian+ini+adalah+siswa+kelas+X+SMA+Negeri+16+Bandar+Lampung+tahun+pelajaran+2015%2F2016+yang+tersebar+dalam+12+kelas.++Tek%C2%ACnik+pe%C2%ACmilihan+sampel+yang+digunakan+yaitu+cluster+random+sampling%2C+sampel+dalam+penelitian+ini+adalah+kelas+X2+dan+X12.++Kelas+X2+sebagai+kelas+eksperimen+I+yang+diterapkan+model+pembelajaran+SiMaYang+Tipe+II+dan+kelas+X12+sebagai+kelas+eksperimen+II+(kontrol)+yang+diterapkan+model+pembelajaran+Discovery+Learning.+++Metode+penelitian+ini+adalah+kuasi+eksperimen+dengan+non+equivalent+control+group+design.++Perbandingan+model+pembelajaran+SiMaYang+tipe+II+dengan+discovery+learning+diukur+berdasarkan+peningkatan+kemampuan+meta%C2%ACkog%C2%ACnisi+dan+penguasaan+konsep+siswa+dengan+melihat+rata-rata+nilai+n-Gain.++Hasil+penelitian+menunjukkan+pada+kelas+eksperimen+I+nilai+n-Gain++kemampuan+metakognisi+siswa+terletak+pada+kategori+%E2%80%9Ctinggi%E2%80%9D%2C+sedangkan+nilai+n-Gain+pada+kelas+eks%C2%ACperimen+II+berkategori+%E2%80%9Csedang%E2%80%9D.++Begitu+pula+peningkatan+penguasaan+konsep+siswa%2C+pada+kelas+eksperimen+I+nilai+n-Gain++penguasaan+konsep+siswa+ter%C2%ACletak+pada+kategori+%E2%80%9Ctinggi%E2%80%9D+dan+kelas+eksperimen+II+berkategori+%E2%80%9Csedang%E2%80%9D.++Pe%C2%ACning%C2%ACkatan+kemampuan+metakognisi+dan+penguasaan+konsep+siswa+juga+dapat+di%C2%AClihat+dari+respon+siswa+terhadap+pelaksanaan+pembelajaran+dan+aktivitas+siswa+se%C2%AClama+pembelajaran+berlangsung.+Berdasarkan+hasil+penelitian+yang+diperoleh%2C+dapat+disimpulkan+bahwa+model+pembelajar%C2%ACan+SiMaYang+tipe+II+lebih+baik+dalam+meningkatkan+kemampuan+metakognisi+dan+penguasaan+konsep+siswa+pada+materi+larutan+elektrolit+dan+non-elektrolit+dibandingkan+dengan+model+pembelajaran+Discovery+Learning.+%0D%0A%0D%0AKata+kunci+%3A+model+SiMaYang+Tipe+II%2C+discovery+learning%2C+kemampuan+metakognisi%2C+penguasaan+konsep%0D%0A&rft.publisher=UNIVERSITAS+LAMPUNG&rft.date=2016-06-21&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F22873%2F1%2FABSTRAK%2520BAHASA%2520INDONESIA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F22873%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F22873%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++TUGIYAH%2C+(1213023073)++(2016)+PERBANDINGAN+MODEL+PEMBELAJARAN+SIMAYANG+TIPE+II+DENGAN+DISCOVERY+LEARNING+DALAM+MENINGKATKAN+KEMAMPUAN+METAKOGNISI+DAN+PENGUASAAN+KONSEP+LARUTAN+ELEKTROLIT+DAN+NON-ELEKTROLIT.++UNIVERSITAS+LAMPUNG%2C+FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F22873%2F