TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints22875 UR - http://digilib.unila.ac.id/22875/ A1 - Kartika Rahmanda, (1113054073) Y1 - 2016/06/21/ N2 - Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Melati Bandar Lampung. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui aktivitas bermain peran makro pada anak, 2) mengetahui kemampuan mengenal konsep bilangan, 3) mengetahui hubungan antara aktivitas bermain peran makro dengan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Melati Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data yang menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis korelasi Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Melati Bandar Lampung beraktivitas Tinggi pada aktivitas bermain peran makro, 2) anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Melati Bandar Lampung kemampuan mengenal konsep bilangannya Belum Berkembang, 3) terdapat hubungan yang erat antara aktivitas bermain peran makro dengan kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Melati Bandar Lampung. Hal ini ditunjukkan melalui analisis data menggunakan Korelasi Spearman Rank sebesar 0,63 persen dan memiliki koefisien determinasi sebesar 39,6 persen. Oleh sebab itu hendaknya kegiatan bermain peran makro ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran di PAUD, terutama dalam mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan. Kata kunci: aktivitas bermain peran makro, konsep bilangan. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - HUBUNGAN AKTIVITAS BERMAIN PERAN MAKRO DENGAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK TUNAS MELATI BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 AV - restricted ER -