TY - GEN CY - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN ID - eprints22886 UR - http://digilib.unila.ac.id/22886/ A1 - Nanang Harun Rasid, 1013024012 Y1 - 2016/06/24/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membuat hipotesis melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok ciri-ciri makhluk hidup. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIG dan VII H dengan jumlah sebanyak 66 orang yang dipilih secara purposive sampling. Dtata penelitian ini berupa data kualitatif yaitu deskripsi kemampuan siswa dalam membuat hipotesis yang diperoleh dari lembar observasi penilaian siswa, dan Lembar Kerja Siswa ( LKS) dalam membuat hipotesis melalui penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian kemampuan siswa dalam membuat hipotesis Jika dirata-rata dari pertemuan 1, II dan III( 0,00 %) berkategori baik, (0,29%) berkategori sedang, (0,30%) berkategori kurang dan (0,36%) berkategori buruk. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hanya siswa yang memiliki kemampuan membuat hipotesis dengan kategori baik selebih berkategori kurang dan buruk pada materi ciri ciri makhluk hidup. Kata kunci : Hipotesis, Hemampuan Siswa, Model Inkuiri Terbimbing, dan Ciri-Ciri Makhluk Hidup PB - UNIVERSITAS LAMPUNG TI - PROFIL KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBUAT HIPOTESIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP (Kajian Deskriptif pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Liwa Tahun Pelajaran 2013/2014) AV - restricted ER -