title: PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE LEARNING TOGETHER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 6 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016 creator: KHUSNUL KHOTIMAH , (1213053060) subject: L Education (General) = Pendidikan description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe learning together terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 6 Metro Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksprimen dengan desain eksperimen Non-Equivalent Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Analisis data menggunakan Independent Samples t-tes. Hasil penelitian menunjukkan ℎ =2,826 > =1,941, maka 1 diterima dan 0 ditolak. Artinya bahwa motivasi belajar IPS menggunakan model cooperative learning tipe learning together lebih besar pada kelompok eksperimen dari motivasi belajar IPS yang menggunakan metode konvensional pada pembelajaran kelompok kontrol SD Negeri 6 Metro Barat. Kata kunci: learning together. motivasi belajar, IPS. publisher: UNIVERSITAS LAMPUNG date: 2016-06-20 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/22909/1/ABSTRAK%20BAHASA%20INDONESIA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/22909/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/22909/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: KHUSNUL KHOTIMAH , (1213053060) (2016) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE LEARNING TOGETHER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 6 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN. relation: http://digilib.unila.ac.id/22909/