%A (1213053060) KHUSNUL KHOTIMAH %T PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE LEARNING TOGETHER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 6 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe learning together terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 6 Metro Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksprimen dengan desain eksperimen Non-Equivalent Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Analisis data menggunakan Independent Samples t-tes. Hasil penelitian menunjukkan ? =2,826 > =1,941, maka 1 diterima dan 0 ditolak. Artinya bahwa motivasi belajar IPS menggunakan model cooperative learning tipe learning together lebih besar pada kelompok eksperimen dari motivasi belajar IPS yang menggunakan metode konvensional pada pembelajaran kelompok kontrol SD Negeri 6 Metro Barat. Kata kunci: learning together. motivasi belajar, IPS. %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2016 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints22909