creators_name: KHUSNUL KHOTIMAH , (1213053060) creators_id: zahiydzulkaysi@gmail.com type: other datestamp: 2016-06-27 07:14:49 lastmod: 2016-06-27 07:14:49 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE LEARNING TOGETHER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 6 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016 ispublished: pub subjects: L1 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe learning together terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 6 Metro Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksprimen dengan desain eksperimen Non-Equivalent Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Analisis data menggunakan Independent Samples t-tes. Hasil penelitian menunjukkan ℎ =2,826 > =1,941, maka 1 diterima dan 0 ditolak. Artinya bahwa motivasi belajar IPS menggunakan model cooperative learning tipe learning together lebih besar pada kelompok eksperimen dari motivasi belajar IPS yang menggunakan metode konvensional pada pembelajaran kelompok kontrol SD Negeri 6 Metro Barat. Kata kunci: learning together. motivasi belajar, IPS. date: 2016-06-20 date_type: published publisher: UNIVERSITAS LAMPUNG place_of_pub: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN citation: KHUSNUL KHOTIMAH , (1213053060) (2016) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE LEARNING TOGETHER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 6 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN. document_url: http://digilib.unila.ac.id/22909/1/ABSTRAK%20BAHASA%20INDONESIA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/22909/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/22909/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf