TY - GEN CY - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN ID - eprints22911 UR - http://digilib.unila.ac.id/22911/ A1 - RIA ERAWATI , 1213053095 Y1 - 2016/06/15/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 3 Metro Barat yang diketahui dari hasil observasi dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 3 Metro Barat melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe active knowledge sharing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soalsoal tes. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe active knowledge sharing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I mendapat katagori ?Kurang Aktif?, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi ?Aktif?. Hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I termasuk dalam katagori ?Kurang Baik?, dan pada siklus II meningkat menjadi ?Sangat Baik?. Kata kunci : strategi pembelajaran aktif tipe active knowledge sharing, aktivitas, hasil belajar, IPS PB - UNIVERSITAS LAMPUNG TI - PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 3 METRO BARAT AV - restricted ER -