title: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA IPA TERPADU TOPIK CAHAYA DAN INDERA PENGLIHATAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING creator: SITI KHAIRUNNISA, 1113022055 subject: LB Theory and practice of education subject: QC Physics description: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS IPA Terpadu topik cahaya dan indera penglihatan menggunakan model inkuiri terbimbing, mendeskripsikan kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan, serta keefektifan produk. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan menurut Sadiman, yang diawali dengan analisis kebutuhan dan merumuskan tujuan pembelajaran, selanjutnya merumuskan butir-butir materi dan alat ukur keberhasilan, serta menyusun naskah awal untuk memproduksi prototipe I. Prototipe I kemudian dievaluasi oleh ahli materi dan desain, dilanjutkan dengan uji satu lawan satu dan direvisi menjadi naskah akhir, sehingga menghasilkan prototipe II. Hasil validasi oleh ahli materi dan ahli desain menunjukkan kualitas LKS sangat menarik, mudah digunakan, dan sangat bermanfaat serta efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil uji produk di lapangan menunjukkan bahwa LKS yang Siti Khairunnisa ii dikembangkan sangat menarik (3,27), mudah (3,14), dan sangat bermanfaat (3,26). Tingkat keefektifan LKS IPA Terpadu topik cahaya dan indera penglihatan menggunakan model inkuiri terbimbing yaitu sebanyak 79,40 % telah mencapai KKM. Kata kunci: cahaya dan indera penglihatan, inkuiri terbimbing, LKS. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2016-06-10 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/22923/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/22923/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/22923/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: SITI KHAIRUNNISA, 1113022055 (2016) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA IPA TERPADU TOPIK CAHAYA DAN INDERA PENGLIHATAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/22923/