%A 1213033010 ASRI DAHLIA RIYANTI %T PENGARUH MINAT BELAJAR SEJARAH MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER DENGAN APLIKASI MICROSOFT LEARNING CONTENT DEVELOPMENT SYSTEM (LCDS) TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA NEGERI 1 SENDANGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016 %X Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sendangagung pada Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016 dengan mengangkat rumusan masalah ?apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan minat belajar sejarah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis komputer dengan aplikasi Microsoft Learning Content Development System (LCDS) terhadap keaktifan siswa pada pembelajaran sejarah kelas X di SMA Negeri 1 Sendangagung Tahun Ajaran 2015/2016?; dan tujuan ?untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan minat belajar sejarah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis komputer dengan aplikasi Microsoft Learning Content Development System (LCDS) terhadap keaktifan siswa pada pembelajaran sejarah kelas X di SMA Negeri 1 Sendangagung Tahun Ajaran 2015/2016?. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain One Shoot Case Study; dengan teknik analisis data kuantitatif menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil analisis data yang telah dilakukan menunjukkan persamaan regresi Y=9,32+0,92X; nilai koefisien korelasi (r)=0,949; dan t0=16,026. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan minat belajar sejarah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis komputer dengan aplikasi Microsoft Learning Content Development System (LCDS) terhadap keaktifan siswa pada pembelajaran sejarah kelas X di SMA Negeri 1 Sendangagung Tahun Ajaran 2015/2016. Kata Kunci: keaktifan, lcds, minat, sejarah %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2016 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints22933