%A 1114131121 Widya Agustin Ningtias %T IDENTIFIKASI ATRIBUT KEPUASAN DAN PELAYANAN PADA RUMAH MAKAN NASI UDUK DI KOTA BANDAR LAMPUNG %X Persaingan di bidang industri rumah makan semakin ketat. Setiap rumah makan dituntut untuk menerapkan strategi pelayanan yang tepat untuk memangkan persaingan dan memberikan kepuasan pada konsumen. Kepuasan konsumen terdiri dari berbagai atribut. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi atribut kepuasan dan pelayanan rumah makan pada rumah makan nasi uduk di Kota Bandar Lampung. Responden penelitian terdiri dari 60 responden untuk identifikasi atribut kepuasan dan pelayanan rumah makan. Data diuji dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Langkah selanjutnya adalah mengumpulkan data dari 60 responden berbeda dari dua rumah makan nasi uduk untuk aplikasi atribut yang telah teridentifikasi. Hasil identifikasi atribut diperoleh 20 jenis atribut kepuasan dan pelayanan rumah makan, diantaranya adalah cita rasa, harga, porsi, keragaman menu, jaminan nutrisi, kerapihan karyawan, kecepatan pelayanan, kemampuan memberi informasi, kesopanan, keramahan, jaminan pergantian menu, kecepatan merespon keluhan, keadilan pelayanan, konsistesi waktu, alat makan, alat pendukung makan, lokasi, kemudahan akses transportas umum, parkir, dan keamanan parkir. Kata kunci: atribut, kepuasan, pelayanan. abstrak bahasa inggris The competition in restaurant industry is very stiff. Each restaurant have to apply the appropriate service strategy and must satisfy its customers to win in this restaurant industry competition. Customers? satisfaction consists of its attributes. The main objective of this study is to identify the attributes of customers? satisfaction and service for the Nasi Uduk Restaurants in Bandar Lampung. The data from 60 respondents were the scores for the attributes of satisfaction and service. Moreover, the data were tested by using the validity and reliability tests. The next step is gathering the data of attributes from 60 respondents of two Nasi Uduk restaurants. Attributes identified were taste, price, portion, menu diversity, nutrition, schedule, neatness of waitress, service speed, informative waitress, politeness, hospitality, guarantee of service, responsiveness of suggestion, fairness of service, completeness of cutlery, location, parking area, security of parking and accessibility for public transportation. Keywords: attributes, satisfaction, service. %C FAKULTAS PERTANIAN %D 2016 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints22957