TY - GEN CY - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN ID - eprints23025 UR - http://digilib.unila.ac.id/23025/ A1 - ANGGITA EKA PRATIWI, 1213024005 Y1 - 2016/06/29/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi literasi sains berdasarkan status sekolah dan gender pada siswa SMP kelas IX se-kecamatan Seputih Raman. Sampel berjumlah 281 siswa diambil dengan metode purposive sampling. Data kompetensi literasi sains diambil menggunakan tes literasi yang diadopsi dari 30 soal PISA 2006 lalu dikaitkan dengan faktor-faktor yang diduga memengaruhi kompetensi literasi sains. Data dianalisis menggunakan rumus persentase dan uji kesamaan rerata. Hasil analisis menunjukkan bahwa kompetensi literasi sains siswa SMP se-kecamatan Seputih Raman berkriteria ?sangat rendah? dengan rerata skor 32,55±0,83. Jika ditinjau berdasarkan status sekolah, literasi sains siswa di sekolah negeri lebih tinggi dan berbeda signifikan dibandingkan dengan sekolah swasta, sedangkan jika dilihat berdasarkan gender kompetensi siswa perempuan lebih tinggi namun berbeda tidak signifikan dengan kompetensi literasi sains siswa laki-laki. Kompetensi literasi sains tertinggi terdapat pada aspek mengidentifikasi permasalahan ilmiah dan terendah pada aspek penggunaan bukti-bukti ilmiah. Faktor-faktor yang diduga memengaruhi kompetensi literasi sains yaitu faktor eksternal berupa profesionalisme guru dan pembelajaran yang tidak mendukung literasi serta belum terbiasa mengerjakan soal berbentuk wacana. Secara umum dapat disimpulkan bahwa kompetensi literasi sains siswa kelas IX se-kecamatan Seputih Raman Lampung Tengah berkriteria ?sangat rendah?. Kata kunci: gender, literasi sains, status sekolah PB - UNIVERSITAS LAMPUNG TI - PROFIL KOMPETENSI LITERASI SAINS SISWA SMP KELAS IX SE-KECAMATAN SEPUTIH RAMAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN AJARAN 2015/2016 AV - restricted ER -