%0 Generic %A DODO SEPTIAWAN , (1213053036) %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:23047 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENINGKATANHASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 2 BINAKARYA PUTRA %U http://digilib.unila.ac.id/23047/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa. Hanya 4 orang (36,3%) dari 11 orang siswa mencapai KKM yang sudah ditentukan yaitu 66. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan konstruktivisme. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Alat pengumpulan data menggunakan teknik non tes dengan lembar observasi dan teknik tes dengan soal tes. Teknik analisis data digunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar afektif siswa siklus I memperoleh kategori cukup baik dan siklus II menjadi kategori baik dengan persentase ketuntasan siswa siklus I kategori cukup baik dan siklus II menjadi kategori sangat baik. Hasil belajar psikomotor siswa siklus I memperoleh kategori cukup terampil dan siklus II menjadi kategori terampil, persentase ketuntasan hasil belajar psikomotor siswa siklus I memperoleh kategori cukup terampil dan siklus II menjadi terampil. Hasil belajar kognitif siswa siklus I memperoleh kategori sedang dan siklus II menjadi kategori tinggi, persentase ketuntasan kognitif siklus I memperoleh kategori sedang kemudian siklus II menjadi kategori tinggi. Kata kunci: hasil belajar, konstruktivisme, afektif, psikomotor