TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints23048 UR - http://digilib.unila.ac.id/23048/ A1 - CECEP HENDRA KUSMAYA , 1213053025 Y1 - 2016/06/24/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 1 Ratna Chaton. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di SD Negeri 1 Ratna Chaton Tahun Pelajaran 2015/2016 melalui penerapan model cooperative learning tipe think pair share. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, (c) observasi, dan (d) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes formatif yang dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model cooperative learning tipe think pair share dapat meningkatkan kemampuan berpiki kritis dan hasil belajar matematika siswa. Dibuktikan dengan kategori nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I rendah sedangkan siklus II tinggi meningkat pada setiap siklusnya. Kategori persentase klasikal kemampuan berpiki kritis siswa pada siklus I rendah, siklus II tinggi, meningkat pada setiap siklusnya. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I termasuk kategori cukup pada siklus II menjadi baik mengalami peningkatan setiap siklusnya. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I tinggi mengalami peningkatan pada siklus II menjadi sangat tinggi. Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, hasil belajar, model cooperative learning tipe think pair share. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 1 RATNA CHATON TAHUN PELAJARAN 2015/2016 AV - restricted ER -