%0 Generic %A KOMALA PUSPITA SARI , 1213053061 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:23049 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA GRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SIDODADI %U http://digilib.unila.ac.id/23049/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh secara signifikan penggunaan metode Problem Solving dengan media grafis terhadap hasil belajar kognitif matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Sidodadi Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan posttest-only control design. Teknik Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Alat pengumpulan data menggunakan angket dan soal tes uraian. Analisis data untuk uji hipotesis adalah t-test dengan separated varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode Problem Solving dengan media grafis terhadap hasil belajar kognitif matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Sidodadi Pekalongan, yakni dengan perolehan thitung = 2,260 > ttabel = 2,024. Kata kunci: metode Problem Solving, media grafis, hasil belajar, matematika.