TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints23049 UR - http://digilib.unila.ac.id/23049/ A1 - KOMALA PUSPITA SARI , 1213053061 Y1 - 2016/06/20/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh secara signifikan penggunaan metode Problem Solving dengan media grafis terhadap hasil belajar kognitif matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Sidodadi Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan posttest-only control design. Teknik Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Alat pengumpulan data menggunakan angket dan soal tes uraian. Analisis data untuk uji hipotesis adalah t-test dengan separated varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode Problem Solving dengan media grafis terhadap hasil belajar kognitif matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Sidodadi Pekalongan, yakni dengan perolehan thitung = 2,260 > ttabel = 2,024. Kata kunci: metode Problem Solving, media grafis, hasil belajar, matematika. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA GRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SIDODADI AV - restricted ER -