creators_name: KOMALA PUSPITA SARI , 1213053061 creators_id: kokomala.mala79@gmail.com type: other datestamp: 2016-07-21 08:51:54 lastmod: 2016-07-21 08:51:54 metadata_visibility: show title: PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA GRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SIDODADI ispublished: pub subjects: L1 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh secara signifikan penggunaan metode Problem Solving dengan media grafis terhadap hasil belajar kognitif matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Sidodadi Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan posttest-only control design. Teknik Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Alat pengumpulan data menggunakan angket dan soal tes uraian. Analisis data untuk uji hipotesis adalah t-test dengan separated varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode Problem Solving dengan media grafis terhadap hasil belajar kognitif matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Sidodadi Pekalongan, yakni dengan perolehan thitung = 2,260 > ttabel = 2,024. Kata kunci: metode Problem Solving, media grafis, hasil belajar, matematika. date: 2016-06-20 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: KOMALA PUSPITA SARI , 1213053061 (2016) PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA GRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SIDODADI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/23049/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/23049/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/23049/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf