%0 Generic %A IRANIA , (1213054044) %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:23065 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T HUBUNGAN ANTARA BERMAIN BISIK BERANTAI DENGAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SECARA LISAN PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD USWATUN HASANAH MENAKO BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/23065/ %X ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah belum berkembangnya kemampuan berkomunikasi secara lisan pada anak kelompok B di PAUD Uswatun Hasanah Menako Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015-2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara bermain bisik berantai dengan kemampuan berkomunikasi secara lisan pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Subyek pada penelitian ini adalah anak PAUD Uswatun Hasanah Menako Bandar Lampung Kelompok B. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan data dianalisis dengan analisis tabel silang dan analisis korelasi spearman rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan sangat kuat antara bermain bisik berantai dengan kemampuan berkomunikasi secara lisan sebesar 0,87. Oleh sebab itu hendaknya bermain bisik berantai dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran di PAUD, terutama dalam mengembangkan kemampuan berkomunikasi secara lisan. Kata kunci : anak usia dini, bisik berantai, komunikasi lisan ABTRACT The problem of this research was undeveloped verbal ability of group B children in Uswatun Hasanah Menako early age education in Bandar Lampung in academic year 2015-2016. The objective of this research was to find out the correlation between chain whispering playing and verbal communication ability of early age children. This was a quantitative correlational research. Research subjects were group B children in Uswatun Hasanah Menako early age education in Bandar Lampung. Data were collected with observation and documentation. Data were analyzed with cross analysis table and spearman rank correlational analysis. The results showed that there was a positive and very strong correlation between chain whispering playing and verbal communication ability 0,87. The research recommends to make chain whispering playing as one of alternatives in learning in early age education, especially to develop verbal communication ability. Keywords : early age children, chain whispering, verbal communication