@misc{eprints23077, month = {Juni}, title = {PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG TIPE II DENGAN PBL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN EFIKASI DIRI PADA LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT}, author = {(1213023052) OKTARI PRADINA ANGGI}, address = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, publisher = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/23077/}, abstract = {Penelitian kuasi eksperimen telah dilakukan di SMAN 10 Bandar Lampung yang bertujuan untuk membandingkan model pembelajaran SiMaYang tipe II dengan PBL dalam meningkatkan kemampuan metakognisi dan efikasi diri siswa. Penelitian ini menggunakan desain control group pretest-posttest dengan kelas X2 dan kelas X8 sebagai kelas sampel yang diperoleh menggunakan teknik cluster random sampling. Analisis data penelitian adalah analisis deskriptif dan hasil penelitian menunjukkan bahwak kemampuan metakognisi dan efikasi diri meningkat berdasarkan peningkatan skor n-Gain yang berkategori ?sedang? dan ?sedang? pada kelas SiMaYang tipe II namun pada kelas PBL peningkatan skor n- Gain yang berkategori ?rendah? dan ?sedang?, peningkatan n-Gain pada kelas SiMaYang tipe II lebih tinggi dibandingkan kelas PBL. Peningkatan kemampuan metakognisi dan efikasi diri juga didukung dengan penilaian aktivitas siswa yang berkategori ?sangat tinggi? dan respon siswa yang berkategori ?sangat tinggi? Oktari Pradina Anggi pada kelas SiMaYang tipe II. Sedangkan pada kelas PBL aktivitas siswa berkategori ?sedang? dan respon siswa berkategori ?tinggi?. Hal ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SiMaYang tipe II lebih baik dibandingkan model pembelajaran PBL dalam meningkatkan kemampuan metakognisi dan efikasi diri pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Kata kunci: efikasi diri, kemampuan metakognisi, larutan elektrolit dan nonelektrolit, PBL, SiMaYang tipe II} }