creators_name: OKTARI PRADINA ANGGI, (1213023052)
creators_id: oktaripradina@gmail.com
type: other
datestamp: 2016-07-25 02:56:29
lastmod: 2016-07-25 02:56:29
metadata_visibility: show
title: PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG TIPE II
DENGAN PBL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN
METAKOGNISI DAN EFIKASI DIRI PADA
LARUTAN ELEKTROLIT DAN
NON-ELEKTROLIT
ispublished: pub
subjects: LB
subjects: QD
full_text_status: restricted
abstract: Penelitian kuasi eksperimen telah dilakukan di SMAN 10 Bandar Lampung yang
bertujuan untuk membandingkan model pembelajaran SiMaYang tipe II dengan
PBL dalam meningkatkan kemampuan metakognisi dan efikasi diri siswa.
Penelitian ini menggunakan desain control group pretest-posttest dengan kelas X2
dan kelas X8 sebagai kelas sampel yang diperoleh menggunakan teknik cluster
random sampling. Analisis data penelitian adalah analisis deskriptif dan hasil
penelitian menunjukkan bahwak kemampuan metakognisi dan efikasi diri
meningkat berdasarkan peningkatan skor n-Gain yang berkategori “sedang” dan
“sedang” pada kelas SiMaYang tipe II namun pada kelas PBL peningkatan skor n-
Gain yang berkategori “rendah” dan “sedang”, peningkatan n-Gain pada kelas
SiMaYang tipe II lebih tinggi dibandingkan kelas PBL. Peningkatan kemampuan
metakognisi dan efikasi diri juga didukung dengan penilaian aktivitas siswa yang
berkategori “sangat tinggi” dan respon siswa yang berkategori “sangat tinggi”
Oktari Pradina Anggi
pada kelas SiMaYang tipe II. Sedangkan pada kelas PBL aktivitas siswa
berkategori “sedang” dan respon siswa berkategori “tinggi”. Hal ini dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran SiMaYang tipe II lebih baik
dibandingkan model pembelajaran PBL dalam meningkatkan kemampuan
metakognisi dan efikasi diri pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit.
Kata kunci: efikasi diri, kemampuan metakognisi, larutan elektrolit dan nonelektrolit,
PBL, SiMaYang tipe II
date: 2016-06-30
date_type: published
publisher: UNIVERSITAS LAMPUNG
place_of_pub: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
citation:   OKTARI PRADINA ANGGI, (1213023052)  (2016) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG TIPE II DENGAN PBL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN EFIKASI DIRI PADA LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT.  UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.     
document_url: http://digilib.unila.ac.id/23077/2/ABSTRAK%20BAHASA%20INDONESIA.pdf
document_url: http://digilib.unila.ac.id/23077/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
document_url: http://digilib.unila.ac.id/23077/4/SKRIPSI%20FULL.pdf