%0 Generic %A MURTI KURNIA DEWI , (1216031074) %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:23085 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %T HUBUNGAN ANTARA MOTIF DENGAN TINGKAT KEPUASAAN MAHASISWA DALAM MENGAKSES WEBSITE MEDIA ONLINE KAPANLAGI.COM (Studi Korelasi Pada Mahasiswa FEB Universitas Lampung Angkatan 2012-2015) %U http://digilib.unila.ac.id/23085/ %X Media online merupakan media alternatif yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan informasi khalayak. Salah satunya media online Kapanlagi.com yang saat ini menjadi media online entertaiment yang banyak diakses oleh mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara motif dengan tingkat kepuasan mahasiswa dalam mengakses website media online Kapanlagi.com. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey yaitu riset dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan datanya. Teori Uses and Gratification yang digunakan dalam penelitian ini menyatakan bahwa khalayak pada dasarnya menggunakan media massa berdasarkan motif-motif tertentu. Jika motif ini terpenuhi maka kebutuhan khalayak akan terpenuhi, dan media yang mampu memenuhi kebutuhan khalayak akan disebut sebagai media yang efektif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 94 mahasiswa. Pengujian hipotesis menunjukan Thitung > Ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan perbandingan 3.642 > 1,661 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, itu artinya terdapat hubungan antara motif dengan kepuasan mahasiswa mengakses website media online Kapanlagi.com dengan tingkat korelasi kuat. Kata kunci ; Motif, Kepuasan, Website, Mahasiswa, Kapanlagi.com abstract Online media is an alternative media that are used to meet the information needs of audiences. One of the online media, Kapanlagi.com is currently an entertainment online media that is accessed lot by students. This study aims to determine whether there is a correlation between the motive with gratification level of students in accessing online media website Kapanlagi.com. In this study is a research methode that used survey research methode that research using questionnaires as the data collection instruments.Uses and Gratification theory used in this study stated that the audience is basically using the mass media by certain motives. If the motive is met then the audience needs will be met, and the media were able to meet the needs of the audience will be referred to as an effective media. Samples in this study are 94 students. The hypothesis testing showed Tcount> Ttable at significance level of 5% with a ratio of 3.642> 1.661 so that Ha is accepted and H0 is rejected, it means that there is a correlation between motive with students gratification in accessing online media website Kapanlagi.com with a strong degree of correlation. Keywords ; Motive, Gratification, Website, Students, Kapanlagi.com