TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints23127 UR - http://digilib.unila.ac.id/23127/ A1 - IMAM SUBIANTO , 1113053054 Y1 - 2016/06/03/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah belum optimalnya hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan media pembelajaran dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 7 Bagelen. Populasi penelitian ini berjumlah 30 siswa, dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, yang mana semua anggota populasi dijadikan sampel, maka sampel sebanyak 30 siswa. Variabel bebas adalah penggunaan media pembelajaran (X) sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS (Y). Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, angket, tes, dan dokumentasi, serta analisis data menggunakan analisis korelasi product moment Pearson. Hasil perhitungan menunjukkan r hitung 0,733 ? r tabel 0,361. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang positif dan erat antara penggunaan media pembelajaran dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 7 Bagelen Kabupaten Pesawaran tahun pelajaran 2015/2016. Kata kunci : media pembelajaran, dan hasil belajar IPS. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 7 BAGELEN KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016 AV - restricted ER -