TY - THES ID - eprints23136 UR - http://digilib.unila.ac.id/23136/ A1 - Ashepi Zulham, 1223012022 Y1 - 2016/06/16/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis manajemen pengembangan profesionalisme guru di SMP Islam terpadu Ar Raihan Bandar Lampung. Fokus penelitian ini adalah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan pengembangan profesionalisme guru. Metode kualitatif dengan rancangan studi kasus, teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Sumber data adalah Ketua Yayasan, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru. Analisis data yang digunakan dengan tringulasi, yaitu membandingkan hasil observasi dengan dokumentasi dan hasil wawancara. Hasil penelitian adalah: 1) manajemen perencanaan profesionalisme guru melihat dari analisis program yang telah dilakukan sebagai acuan dalam menentukan perencanaan program dimasa yang akan datang 2) manajemen pengorganisasian profesionalisme guru belum maksimal, masih ditemukan ketidaksesuaian latar belakang pendidikan dengan beban tugas yang diberikan, masih perlu dimaksimalkannya MGMP baik internal maupun eksternal 3) manajemen pelaksanaan profesionalisme guru berjalan dengan baik, perlu peningkatan dalam hal pelatihan yang selama ini pelaksanaanya baru bersifat perumpun pelajaran, kedepan lebih per mata pelajaran dan pelatihan IT baik untuk sistem penilaian ataupun media pembelajaran lebih diperbanyak pertemuanya dalam 1 tahun 4) manajemen pengawasan profesionalisme guru dilakukan sebagai evaluasi program yang telah dilakukan dan harus dilakukan secara berkala serta lebih mengoptimalkan pengawas dinas pendidikan dalam dukungan kegiatan pengawasan Kata kunci: Manajemen Pengembangan, Profesionalisme guru ABSTRAK BAHASA INGGRIS The objective of this research is to analysis the teacher professionalism development management at Ar Raihan Junior Islamic High School Bandar Lampung. The focus of this research are planning, organizing, actuating, and controlling of teacher professionalism development. Qualitative method with a case study design has been used in the research, adopting data collecting technique through observation, documentation and interviews. Source of the data used are The Head of Foundation, Principal, vice Principals and teachers. Triangulation was used to analyze the data by comparing results of the observation based on documentation and interview. The result of the resource are: 1) Planning management of teacher professionalism development was conducted as the reference in determining the programs in the future. 2) organizing management of teacher professionalism development hasn?t optimal, it?s found discrepancies with the educational background of a workload given and need optimize in subject teacher discussion internal or external 3) actuating management of teacher professionalism development already run well only still needs to be improved because the training that implemented is still per clump lesson, for the next more than that as subject and for training of information and Technology (IT) for assessment system and applying teaching using media is given more of the meeting in a year. 4) controlling management of teacher professionalism development is conducted as the program evaluation were done and must be done periodic, also optimize the control from the education department in supporting the controlling activity. Keywords : Management development, teacher professionalism. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN M1 - masters TI - MANAJEMEN PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU ( Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu AR RAIHAN Bandar Lampung ) AV - restricted ER -