title: PERBEDAAN RESPON KUKANG SUMATERA (Nycticebus coucang Boddaert, 1785) TERHADAP TANDA-TANDA KEBERADAAN PREDATOR DI KANDANG REHABILITASI YIARI CIAPUS, BOGOR creator: HENNY INDAH PERTIWI, 1217021029 subject: subject: QH301 Biology description: ABSTRAK Ular sanca (Python sp.) merupakan salah satu predator kukang sumatera (Nycticebus coucang). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan respon kukang sumatera terhadap tanda-tanda keberadaan predator khususnya ular sanca (urin, feses, suara, dan kombinasi) dan untuk menguji kemampuan olfaktory (penciuman) dan auditory (pendengaran). Pengamatan dilakukan terhadap kukang sumatera kandidat pelepasliaran (4 jantan dan 4 betina) di kandang rehabilitasi YIARI Ciapus, Bogor. Perilaku objek kontrol dan respon diamati selama 24 hari dengan metode Scan Sampling selama masing-masing dua jam per hari. Hasil pengamatan perilaku dianalisis dengan aplikasi SPSS 16 untuk membandingkan kemampuan daya penciuman dan pendengaran serta perilaku antar fase. Kehadiran respon yang paling umum adalah alert dan scanning, dimana perilaku akan kembali normal setelah perlakuan dihentikan. Hal ini menunjukkan hubungan respon dengan fase perilaku. Kukang menunjukkan respon paling cepat melalui pendengaran, sedangkan secara keseluruhan respon terbaiknya adalah penciuman. Kata kunci : Respon, kukang sumatera, auditori, olfaktori, Python sp. publisher: FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM date: 2016-06-29 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/23149/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/23149/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/23149/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: HENNY INDAH PERTIWI, 1217021029 (2016) PERBEDAAN RESPON KUKANG SUMATERA (Nycticebus coucang Boddaert, 1785) TERHADAP TANDA-TANDA KEBERADAAN PREDATOR DI KANDANG REHABILITASI YIARI CIAPUS, BOGOR. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/23149/