@misc{eprints23170, month = {Juni}, title = {EFEKTIVITAS PELAKSANAAN SUPERVISI MATA PELAJARAN OLEH PENGAWAS SEKOLAH DALAM PERBAIKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK}, author = { 1213032036 IMELDA}, address = { UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/23170/}, abstract = {Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan efektivitas pelaksanaan supervisi mata pelajaran oleh pengawas sekolah dalam perbaikan kompetensi pedagogik guru di SMP Negeri 2 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini 50 orang. Analisis data menggunakan Chi Kuadrat dan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi mata pelajaran oleh pengawas sekolah dalam perbaikan kompetensi pedagogik guru di SMP Negeri 2 Bandar Lampung sudah efektiv. Hal ini menunjukkan bahwa pengawas sekolah sudah melaksanakan tugasnya dengan baik dalam pelaksanakan supervisi mata pelajaran dalam perbaikan kompetensi pedagogik. Kata kunci: kompetensi pedagogik, pengawas sekolah, supervisi abstract The purpose of this research was to explain the effectiveness of subjects supervision implementation by supervision of school in pedagogical competence improvement in SMP Negeri 2 Bandar Lampung. The method in this research used descriptive method with quantitative approach. The sample in this researh consisted of 50 people. Data analysis was using Chi Square and data collection technique was using the questionnaire. The results showed that the subjects supervision implementation by supervision of school in pedagogical competence improvement of teachers in SMP Negeri 2 Bandar Lampung have already effectived. This showed that supervison of school has already done their job well in subjects supervision implementation of pedagogical competence improvement teachers in SMP Negeri 2 Bandar Lampung Keywords : pedagogical, school inspectors, supervision} }