%0 Generic %A SYARIFATUL ANWARIA , (1213054084) %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:23181 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS PERMAINAN TRADISIONAL DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI LISAN ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK AL-HUKAMA BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/23181/ %X ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini ialah kemampuan berkomunikasi lisan anak yang belum berkembang dengan baik. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas permainan tradisional dalam mengembangkan kemampuan berkomunikasi lisan anak usia dini kelompok B di TK Al-Hukama Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif dengan pendekatan analisis data kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi partisipatif dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tahapan penelitian ini adalah tahap pralapangan, penelitian dan pelaporan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional efektif dalam mengembangkan kemampuan berkomuniksi lisan yang ditunjukkan dengan berkembangnya kemampuan melakukan kegiatan sesuai perintah lisan, mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan dan menceritakan pengalaman. Kata Kunci: berkomunikasi lisan, permainan tradisional, anak usia dini. ABSTRACT Problem in this research is undeveloped children’s oral communication ability. This research aimed to describe the traditional games effectiveness to develop early children of group B’s ability of oral communication in Al-Hukama Kindegarten Bandar Lampung. The method of research is descriptive with qualitative approach Data collected with observasion and documentation. Data analysis consist of data collection, data reduction, data display and verifying. The phase of research are prefield, research and reporting the result of research. Based on the results obtained that traditional games was effective to develop oral communication ability that showed by developed of doing activity base on oral command, propose the question, answer the question and telling the experience ability. Keywords : oral communication, traditional games, early childhood.