%0 Generic %A MARTHA SULISTYANINGTYAS , 1213054056 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:23187 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS BERMAIN BALOK DENGAN PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK CENDIKIA LAMPUNG TIMUR %U http://digilib.unila.ac.id/23187/ %X ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara aktivitas bermain balok dengan perkembangan kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 4-5 tahun di TK Cendikia Lampung Timur. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 24 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis tabel tunggal dan silang serta analisis uji hipotesis menggunakan teknik analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang erat antara aktivitas bermain balok dengan perkembangan kemampuan mengenal konsep bilangan yang ditunjukan dari indeks korelasi sebesar 0,806. Dapat disimpulkan terdapat hubungan yang erat antara aktivitas bermain balok dengan perkembangan kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 4-5 tahun di TK Cendikia Lampung Timur, oleh sebab itu perlu lebih ditingkatkan aktivitas bermain balok untuk meningkatkan perkembangan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia dini. Kata kunci: anak usia 4-5 tahun, bermain balok, konsep bilangan. ABSTRACT The problem in this research is an underdeveloped ability of children aged 4-5 years in recognizing the concept of numbers. The purpose of this research was to determine the relationship between the activity of playing blocks with the development of the ability to know the concept of numbers early childhood in kindergarten Cendikia East Lampung. The sample used in this study were 24 children. Data collection techniques using observation and documentation. Analysis of data using a single table analysis and cross hypothesis testing and analysis using correlation analysis technique. The results showed that there is a close relationship between the activity of playing blocks with the development of the ability to know the concept of numbers that indicated a correlation of 0.806. It can be concluded there is a close correlation between the activity of playing blocks with the development of the ability to know the concept of numbers of children aged 4-5 years in kindergarten Cendikia East Lampung, therefore, needs to be increased activity playing blocks to enhance the development of the ability to know the concept of numbers in early childhood. Keywords: children aged 4-5 years, block play, concept of number.