%A 1213024023 FATMA INA PURI PERTIWI %T HUBUNGAN CARA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA SMP NEGERI SE-KECAMATAN METRO TIMUR KOTA METRO TAHUN AJARAN 2015/2016 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara belajar yang digunakan siswa, hubungan cara belajar dengan prestasi belajar IPA siswa serta faktor yang berhubungan dengan cara belajar. Desain peneilitian yaitu desain deskriptif korelasional, dengan sampel penelitian 50% kelas dari jumlah populasi yang digunakan dengan teknik cluster random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 337 siswa. Jenis data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa angket cara belajar, angket faktor yang berhubungan dengan cara belajar serta tes tertulis. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan korelasi product moment untuk mengetahui hubungan antara cara belajar dengan prestasi belajar IPA siswa, sedangkan teknik analisis data kualitatif menggunakan deskripsi data. Berdasarkan analisis data penelitian, diperoleh hasil yaitu (1) terdapat enam cara belajar sesuai teori kerucut Dale yang digunakan oleh siswa, yaitu membaca Fatma Ina Puri Pertiwi iii sebanyak 146 siswa, mendengar sebanyak 146 siswa, melihat sebanyak 2 siswa, melihat dan mendengar sebanyak 3 siswa, mengucap dan menulis sebanyak 28 siswa serta melakukan sebanyak 12 siswa (2) terdapat korelasi antara cara belajar dengan prestasi belajar IPA, koefisien korelasi sebesar 0,955 yang berarti terdapat hubungan yang sangat kuat (3) cara belajar dengan faktor memiliki koefisien korelasi sebesar 0,736 yang berarti terdapat hubungan yang kuat, serta terdapat faktor yang berhubungan dengan cara belajar berupa faktor internal dan faktor eksternal yaitu, minat, bakat, motivasi, dukungan keluarga, sumber belajar, fasilitas sekolah, fasilitas rumah, cara guru mengajar dan pendekatan belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa cara belajar memiliki hubungan sangat kuat dengan prestasi belajar IPA siswa, serta terdapat hubungan yang kuat antara cara belajar dengan faktor belajar. Kata kunci : cara belajar, faktor belajar, prestasi belajar %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints23190