%0 Generic %A Mukrim, ASEP NUGROHO %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:232 %I Fakultas KIP %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN INFERENSI %U http://digilib.unila.ac.id/232/ %X Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi asam-basa dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan inferensi. Penelitian ini menggunakan metode preexperimental dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung semester ganjil tahun ajaran 2012-2013. Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing ditunjukkan oleh adanya peningkatan nilai pretest dan posttest yang dilihat dari nilai n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai n-gain keterampilan meng-komunikasikan sebesar 0,45 dan ketrampilan inferensi sebesar 0,39. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi asam-basa efektif dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan inferensi dengan kriteria sedang. Kata kunci: pembelajaran inkuiri terbimbing, keterampilan mengkomunikasikan dan inferensi.