@misc{eprints23210, month = {Juni}, title = {DESKRIPSI PENGETAHUAN GURU PAUD TENTANG PERENCANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DI KECAMATAN PAGELARAN KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2015/2016}, author = { (1213054090) WILDAN SHOLIHAH}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/23210/}, abstract = {ABSTRAK Permasalahan pada penelitian ini, yaitu bahwa PAUD di Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu sebagian besar guru tidak membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH). Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pengetahuan guru tentang perencanaan pembelajaran berbasis perkembangan anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 31 Maret - 12 April 2016. Sampel penelitian berjumlah 36 guru. Teknik sampling yang digunakan, yaitu cluster sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan guru PAUD tentang perencanaan pembelajaran berbasis perkembangan anak usia dini memiliki pengetahuan yang cukup tinggi dengan besar presentase 54,5\%. Kata kunci : Anak usia dini, pengetahuan guru, perencanaan. ABSTRACT The problem of this research was most of kindergarten teachers in Pagelaran, Pringsewu disctrict did not maked daily teaching learning plan. The aim of this research was to describe teachers? knowledge about teaching learning plan based on childhood development. This research was descriptive research. This research held on March 31th- April 12th, 2016. The samples of this research were 36 teachers. For sampling technique, the researcher used cluster sampling. The data were taken from test and document. The data analyzed technique used in this research was quantitative descriptive. The result showed that kindergarten?s teachers had high knowledge about teaching learning plan based on childhood development in percentage of 54,5 \%. Keywords: Childhood, learning plan, teachers? knowledge.} }