TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints23211 UR - http://digilib.unila.ac.id/23211/ A1 - LUCIA PUSPASARI C.P, 1213053132 Y1 - 2016/07/20/ N2 - ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan kognitif IPS siswa kelas III SD Immanuel Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPS dengan Snowball Throwing terhadap kemampuan kognitif siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III SD Immanuel Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016 sebanyak 96 siswa. Sampel dalam penelitian adalah kelas IIIB sebagai kelas eksperimen dan IIIC sebagai kelas kontrol dengan jumlah 64 siswa. Data diperoleh melalui tes. Data dianalisis dengan Uji-t. Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata kemampuan kognitif siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Hal ini terlihat dari nilai posttest kemampuan kognitif siswa kelas eksperimen (IIIB) yaitu 69,50 lebih tinggi dari nilai posttest kemampuan kognitif siswa pada kelas kontrol (IIIC) yaitu 57,31. Dengan demikian kesimpulannya adalah terdapat pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe snowball throwing pada pembelajaran IPS terhadap kemampuan kognitif siswa kelas III SD Immanuel Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Kata kunci :, Ilmu Pengetahuan Sosial, Kemampuan Kognitif, Snowball Throwing. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING PADA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS III SD IMMANUEL KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016 AV - restricted ER -