TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints23212 UR - http://digilib.unila.ac.id/23212/ A1 - TIARA HM , 1213022073 Y1 - 2016/07/21/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar dalam ranah kognitif siswa yang mengunakan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing dan Buku Siswa Konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Palas, dengan sampel penelitian kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang menggunakan Buku Siswa Konvensional. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain eksperimen Pretestposttest Control Group Design. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa 0,55 : 0,71 dan ada perbedaan rata-rata hasil belajar dalam ranah kognitif siswa yang mengunakan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing dan Buku Siswa Konvensional. Kata kunci: Buku siswa, hasil belajar, modul inkuiri terbimbing, PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA AV - restricted ER -