%A 1213022073 TIARA HM %T PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar dalam ranah kognitif siswa yang mengunakan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing dan Buku Siswa Konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Palas, dengan sampel penelitian kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang menggunakan Buku Siswa Konvensional. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain eksperimen Pretestposttest Control Group Design. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa 0,55 : 0,71 dan ada perbedaan rata-rata hasil belajar dalam ranah kognitif siswa yang mengunakan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing dan Buku Siswa Konvensional. Kata kunci: Buku siswa, hasil belajar, modul inkuiri terbimbing, %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints23212