%0 Thesis %9 Masters %A DEWI KUSUMAWATI , 1423031012 %B FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2016 %F eprints:23215 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPRATIF TIPE TWO STRAY TWO STAY DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA KELAS XI IPS 1 PADA MATA PELAJARAN PKn SMA ARJUNA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016 %U http://digilib.unila.ac.id/23215/ %X ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi rendahnya pembentukan sikap demokratis siswa pada mata pelajaran PKn di SMA Arjuna Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan sikap demokratis siswa pada pembelajaran PKn menggunakan model Two Stray Two Stay. Metode yang digunakan komparatif pendekatan eksperimen. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan efektifitas hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran koopratif tipe two stray two stay dengan pembelajaran konvensional terhadap pembentukan sikap demokratis siswa di SMA Arjuna Bandar Lampung. dan (2) ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe two stray two stay dengan pembelajaran konvensional terhadap pembentukan sikap demokratis siswa. Kata kunci: hasil belajar, sikap demokratis, konvensional, two sray two stay ABSTRACT This research on a low form attitude such democratic students on subjects civics education SMA Arjuna Bandar Lampung. The purpose of this research which is to enhance the democratic students at learning civics education use the model two stray two stay. Methods used comparative approach experiment. The result showed that (1) there is a difference in the effectiveness of study results students who use koopratif learning model type two stray two stay on the conventional attitude such democratic towards democratic students in SMA Arjuna Bandar Lampung and (2) any impact the use of learning model koopratif type two stray two stay on the conventional on the establishment of democratic attitude students . Key words: study results, attitude democratic, conventional, two sray two stay