%A (1123011030) RIA KARYANTI %T PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI ASAM BASA KELAS XI IPA SMAN 1 KIBANG %X Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran pada 1) rencana pembelajaran kooperatif tipe STAD, 2) pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD, 3) evaluasi pembelajaran kooperatif tipe STAD, 4) peningkatan keterampilan proses sains dan prestasi belajar siswa pada materi asam basa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX IPA 2 dan kelas IX IPA 3. Siklus I menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui praktikum di laboratorium. Siklus II menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan media flash. Siklus III menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan aplikasi di lingkungan sekitar. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) rencana pembelajaran kooperatif tipe STAD menciptakan sebuah kompetisi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, 2) pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD meliputi membentuk kelompok, menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, menyajikan informasi dan membimbing kelompok, memberi kuis serta memberikan penghargaan, 3) sistem evaluasi dengan tes uraian dengan validitas sebesar 0,74 (tinggi) , nilai realibilitas 0,83 (tinggi), tingkat kesukaran (sedang), dan daya beda (baik), 4) keterampilan proses sains meningkat, pada siklus I=51.04% , siklus II =72,91%, siklus III=81,25 %. Prestasi belajar siswa meningkat, pada siklus I = 50%, siklus II = 75%, siklus III =79,17%. Kata kunci: kooperatif STAD, ketrampilan proses sains, prestasi belajar. abstrak inggris This study amimed to repair improve the learning process at 1) the cooperative lesson plan of STAD, 2) the implementation of STAD cooperative learning, 3) the evaluation of STAD cooperative learning, 4) increase of student?t scienctific process skills and student achievement of the acid base. The type of this study was a classroom action research. Subject of reasearch are students of class XI science 2 and XI science 3. First cycle by implementation cooperative learning STAD type with experiment in laboratory. Second cycle implementation cooperative learning STAD type using flash media. Third cycle using implementation cooperative learning STAD type with application in environment. The research were obtained 1) lesson plan design of STAD cooperative learning created a competition to increase student achievement, 2) lesson plan design was arranged on syntax: making group, delivering of purpose and motivating students, giving information, guiding study and group work, evaluating, giving quiz, and giving reward. 3) evaluation system was essay test by validity 0.78 (high), reliability of 0.86 (high), level difficulty (medium), and powes discrimination (good). 4) student?s scientific process skills increase, 51,04% at cycle I , 72,91% at cycle II and 81,25% at cycle III, student?s achievement increase 50% at cycle I, 75% at cycle II and 79,17% at cycle III. Keywords: STAD cooperative, scienctific process skills, achievement. %D 2016 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints23217