?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PEMBELAJARAN+INKUIRI+TERBIMBING+DALAM+MENINGKATKAN+MODEL+MENTAL+DAN+PENGUASAAN+KONSEP+SISWA+PADA%0D%0AMATERI+LARUTAN+ELEKTROLIT+DAN+NON-ELEKTROIT%0D%0A&rft.creator=DEWI+MAWARNI%2C+1213023016&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mendeskripsikan+keefektivan+serta+ukuran+pengaruh+(effect+size)+model+pembelajaran+inkuiri+terbimbing+terhadap+peningkatan+model+mental+dan+penguasaan+konsep+siswa.++Metode+penelitian+yang+diguna-kan+adalah+pre-eksperimen+dengan+desain+One+Group+Pretest-Posttest.++Penelitian+ini+dilakukan+di+SMA+Negeri+1+Natar+Lampung+Selatan.++Sampel+dalam+penelitian+ini+diambil+secara+acak+dengan+teknik+cluster+random+sampling%2C+sehingga+mendapatkan+satu+kelas+penelitian+sebagai+sampel%2C+yaitu+kelas+X10+yang+terdiri+atas+40+siswa.%0D%0AData+yang+dikumpulkan+dalam+penelitian+ini+adalah+model+mental%2C+penguasaan+konsep%2C+kemampuan+guru+dalam+mengelola+pembelajaran+dengan+model+inkuiri+terbimbing%2C+dan+aktivitas+siswa+selama+pembelajaran+berlangsung.++Data+pertama+dikumpulkan+dengan+tes+model+model+mental+berbentuk+soal+essay+dengan+jumlah+4+butir+soal%2C+data+kedua+dikumpulkan+dengan+tes+penguasaan+konsep+berbentuk+soal+pilihan+ganda+dengan+jumlah+16+butir+soal%2C+data+ketiga+dan+keempat+dikumpulkan+dengan+lembar+observasi+yang+dinilai+oleh+dua+orang+observer.+Data+yang+telah+dikumpulkan+dianalisis+dengan+software+Microsoft+Excel+2007.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+model+mental+siswa+mengalami+perubahan+antara+sebelum+dan+sesudah+penerapan+model+inkuiri+terbimbing%2C+yaitu+dari+berkategori+%E2%80%9Cburuk+sekali%E2%80%9D+dan+%E2%80%9Cburuk%2C%E2%80%9D+menjadi+berkategori+%E2%80%9Cbaik%E2%80%9D+dan+%E2%80%9Cbaik+sekali.%E2%80%9D++Penguasaan+konsep+siswa+mengalami+peningkatan+dengan+kategori+%E2%80%9Csedang.%E2%80%9D++Hasil+penilaian+observer+terhadap+kemampuan+guru+dan+aktivitas+siswa+menunjukkan+kategori+%E2%80%9Ctinggi.%E2%80%9D++Besarnya+pengaruh+model+inkuiri+terbimbing+terhadap+peningkatan+model+mental+siswa+dilakukan+dengan+uji+effect+size%2C+yang+menunjukkan+efek+%E2%80%9Cbesar.%E2%80%9D+Berdasarkan+hal+di+atas+disimpulkan+bahwa+model+pembelajaran+inkuiri+terbimbing+memiliki+keefektivan+yang+tinggi+serta+memiliki+pengaruh+besar+terhadap+peningkatan+model+mental+dan+penguasaan+konsep+siswa.%0D%0A%0D%0AKata+kunci%3A+++inkuiri+terbimbing%2C+model+mental%2C+penguasaan+konsep%2C+effect+size%2C+larutan+elektrolit+dan+non-elektrolit%0D%0A&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN+&rft.date=2016-07-14&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F23244%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F23244%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F23244%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++DEWI+MAWARNI%2C+1213023016++(2016)+PEMBELAJARAN+INKUIRI+TERBIMBING+DALAM+MENINGKATKAN+MODEL+MENTAL+DAN+PENGUASAAN+KONSEP+SISWA+PADA+MATERI+LARUTAN+ELEKTROLIT+DAN+NON-ELEKTROIT.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN+%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F23244%2F