@misc{eprints23246, month = {Juni}, title = {UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RENANG GAYA BEBAS MELALUI PENDEKATAN MODEL BERMAIN PADA SISWA SMK NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG}, author = { (1213051042) MOHAMAD KHOIRI SAHPUTRA}, address = { UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/23246/}, abstract = {ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar renang gaya bebas melalui pendekatan model bermain pada siswa SMKN 7 Bandar Lampung. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data penelitian adalah siswa kelas XI Akutansi 2, SMKN 7 Bandar Lampung yang berjumlah 36 siswa. Tempat penelitian ini dilakukan di kolam renang Tirtayasa, Sukabumi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah mengamati hasil belajar renang gaya bebas selama 9 kali pertemuan (3 siklus). Hasil penelitian ini mendeskripsikan adanya peningkatan positif pada setiap siklusnya. Setelah data dianalisis, siklus pertama menunjukkan hasil yang berarti pada siswa, persentase belajar belum tercapai, hanya 30,60 \% atau 11 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar. Selanjutnya, pada siklus kedua siswa yang mencapai ketuntasan belajar meningkat menjadi 50 \% atau 18 siswa. Hasil ini menunjukkan peningkatan dari siklus pertama, siswa mulai menguasai gerak dasar renang gaya bebas. Kemudian pada siklus ketiga hasil penelitian menunjukan peningkatan persentase ketuntasan belajar pada siklus ketiga sebanyak 75 \% atau 27 siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Dengan melihat deskripsi hasil penelitian pada pembelajaran keterampilan gerak dasar renang gaya bebas, dapat disimpulkan bahwa pada setiap siklusnya tindakan yang diberikan memberikan pengaruh yang berarti terhadap peningkatan persentase keberhasilan gerak dasar renang gaya bebas siswa. Persentase keberhasilan dapat ditingkatkan lagi dengan pemilihan dan penggunaan model bermain yang lebih tepat dan lebih menarik. Kata kunci: PTK, Hasil belajar, model bermain, renang gaya bebas. } }